Photobucket

RECENT POST

Tukeran link

Jacko Bogor

Monday, April 25, 2011

Kartini Digital Ditengah Arus Teknologi Informasi dan Telekomunikasi

Dalam dua dekade terakhir ini, teknologi informasi dan telekomunikasi banyak mengalami perkembangan yang pesat. Banyak manfaat yang didapat dengan memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Demikian juga dengan teknologi dalam bidang komunikasi, teknologi digital membuat semua orang dapat menikmati kemudahan dalam berkomunikasi dan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.


Peran teknologi informasi dan telekomunikasi dalam pemberdayaan wanita antara lain dapat memanfaatkan internet untuk sesuatu yang positif. Dengan memanfaatkan internet yang kini bisa dengan mudah di akses dari rumah atau dari handphone wanita bisa berperan dalam mengembangkan usaha atau bisnis sesuai dengan minat dan hobi sesuai kapasitas dan kemampuannya. Wanita jangan mau dicap sebagai kaum konsumtif yang hanya memanfaatkan teknologi terbaru untuk kepentingan lifestyle. Memburu handphone atau gadget terbaru agar tidak disebut ketinggalan jaman. Pemanfaatannya hanya sebatas update status sosial media seperti Facebook atau nge-tweet agar tetap dianggap eksis, membuka website hanya untuk melihat gosip seleb terbaru, broadcast berita atau gambar yang nggak penting bahkan HOAX. Ada juga yang malu saat diminta PIN sebuah gadget karena belum memiliki. Aduh kalau yang ini bukan Kartini Digital deh.

Kartini Digital dapat memulai memanfaatkan teknologi informasi seperti internet untuk sesuatu yang produktif. Jangan hanya jadi konsumen saja, jadilah produsen! Jika hobi menulis, dapat memanfaatkan internet dengan membuat blog yang kini semakin mudah diakses berbasis blogspot atau wordpress. Dapat juga menulis langsung di blog media seperti kompasiana atau blogdetik. Semuanya mudah dan gratis tidak perlu memikirkan pembayaran hosting dan bandwith.

Menulis juga bisa apa saja, mulai dari resep memasak, cerita ringan sampai pengalaman saat berkunjung ke suatu tempat. Banyak penulis wanita yang lahir dari awal seperti ini seperti Trinity dan Nonadita yang sudah melanglang buana ke berbagai pelosok negeri bahkan keluar negeri berkat menulis lewat blog. Kumpulan tulisannya pun sudah dibuat dalam beberapa buku. Ada juga penulis yang mengkhususkan diri menulis untuk mengikuti suatu lomba yang berhadiah wah, ya seperti Kartini Digital, lebih dari lumayan kan kalau dapat hadiahnya :)

Akses untuk terjun ke dunia maya ini semakin sangat mudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia . Pengguna internet di Indonesia terus meningkat dengan cepat dari tahun ke tahun. Menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) , jumlahnya sudah mencapai 45 juta (sumber: detikINET), padahal di tahun 1999, jumlah pengguna internet di tanah air baru ada di angka 1 juta pengguna, jadi bisa dibayangkan seberapa cepat lonjakannya. Bahkan, sesuai dengan misi WSIS (World Summit on the Information Society), targetnya pada 2005 nanti separuh penduduknya sudah memiliki akses internet, Internet telah menggantikan posisi perpustakaan ataupun buku yang merupakan gudang ilmu pengetahuan. Semua informasi dari dulu hingga kini termuat dengan cukup lengkap di internet. Situs-situs seperti wikipedia menjadi perpustakaan online terbesar, dimana hampir semua informasi akan kita peroleh dengan mudah dan gratis (karena hanya bayar biaya akses internet saja). Belum lagi layanan ebook-ebook gratis yang isinya beragam dan selalu mengikuti perkembangan waktu. Dengan sebuah flash disk 8 GB, kita dapat membawa ratusan bahkan ribuan buku-buku di dalam saku kita. Orang juga rela menyisihkan (lebih tepatnya menganggarkan) dana dan waktu untuk dapat mengakses internet karena manfaatnya yang besar.

Jika ingin lebih fokus dapat membuat sebuah website yang sesuai dengan bidang yang diminati. Ini menunjukkan bahwa kita serius dan profesional dalam bisnis tersebut. Cukup banyak pengusaha wanita yang sukses dengan menjalankan bisnis online ini. Mereka inilah Kartini Digital yang sesungguhnya. Mereka dapat memanfaatkan kemajuan teknologi menjadi jembatan untuk menyalurkan minat atau hobi bahkan bisnis yang menghasilkan materi yang lumayan.
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi merupakan jembatan untuk memberdayakan kaum wanita, sekarang saatnya Kartini Digital memanfaatkan peluang tersebut.
Saya yakin, jika Ibu Kartini hadir pada saat ini, beliau akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi semaksimal mungkin. Beliau akan membuat sebuah website, mungkin namanya www.kartini.com agar mudah diingat. Disana beliau juga akan menulis semua apa yang dicita-citakannya. Menulis e-book "Habis Gelap Terbitlah Terang" dan tidak perlu berkirim surat lagi dengan sahabat-sahabatnya di Belanda, cukup dengan e-mail dan saat itu juga bisa langsung dibaca, bahkan bisa berhubungan langsung via chatting.

Ayo para wanita manfaatkan teknologi yang ada dan jadilah Kartini Digital masa kini yang produktif dan bermanfaat bagi negeri. Dengan momentum hari Kartini ini, maka mari kita berupaya mengadopsi cita-citanya. Menjadi perempuan cerdas dan turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.
ReadMore

Wednesday, April 6, 2011

Video Polisi Gorontalo yang Menggila

Urang Bogor mencoba tuk berbagi: Hal yang Sepele Kayak Gini aja jadi masalah besar buat Satuan Kepolisian, apa yang aneh dari kegiatan salah satu oknum ini yang menyanyikan lagu India secara lipsync yang beredar di Youtube dengan judul polisi Gorontalo yang menggila. padahal lumrah saja jika seseorang berekspresi dengan lagu atau kegiatan yang disukainya. namun beberapa media di Indonesia seolah membesar-besarkan masalah ini, sampai-sampai dianggap melanggar kode etik dan oknum polisi tersebut diberikan sanksi, sungguh sangat menguras waktu dan tenaga atau memang polisi sudah kehabisan kegiatannya? sehingga supaya ada kegiatan ya cari-cari kegiatan dengan membesarkan masalah-masalah kecil dan mengecilkan masalah-masalah yang besar?

Memang hukum di Indonesia udah cacad, orang besar tak berani di tegur, orang kecil selalu di injak-injak....mau jadi apa negara kita??? Keadilan bagaikan Bulan yang dirindukan Punguk.... hups,,,, sangat menyedihkan... Namun sang penegak hukum yang katanya menjunjung tinggi keadilan sering kali menyalahgunakan seragam yang mereka pakai, bagaimana negeri ini bisa aman dan damai? jika masih banyak sekali ditemukan Oknum Berseragam yang menyalahgunakan seragam dan wewenangnya dan mereka dilindungi oleh Oknum lainnya sang saling terkait. Namun untuk hal-hal kecil seperti munculnya Video polisi Gorontalo yang menggila justru dianggap masalah yang sangat memalukan.
ReadMore

 

Followers

TOP COMMENTATOR


English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Japanese

Blog Stat

Rank Barudak Blogor