Monday, June 6, 2011

5 Cara Mengecek komputer Mati Total

Pasti suatu saat akan dialami oleh pengguna komputer tanpa terkecuali siapapun dia, termasuk teknisi komputer itu sendiri. Komputer yang mati/hang sebelum masuk ke sistem operasi penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari Kabel Power, Power Supply, Memory, VGA Hingga Motherboardnya yang Mati Total, dan sangat sulit sekali untuk mendeteksi penyebab komputer mati total. tetapi mancari letak masalah pada komputer anda itu mungkin masih mudah untuk di deteksi kerusakannya.

Berikut ini saya coba memberikan beberapa tips sederhana untuk mengatasi dan mendeteksi kerusakan pada Komputer Anda yang Mati Total ;

Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup, bila perlu coba dengan power supply yang lain yang memilikii daya yang lebih besar sehingga dapat mensupply daya yang cukup pada komputer anda.


Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau Motherboard memang sudah rusak atau Mungkin BIOS perlu di Update dan mungkin juga memory atau device lain yang belum terpasang dengan sempurna.



Jika masih belum berhasil coba lepaskan Ram dan VGA lalu nyalakan computer dan perhatikan apakah terdengar bunyi BIP dari computer/mainboard anda, jika tidak periksa apakah speaker pada mainboard berfungsi. Bila tidak ada respon kemungkinan motherboard memang sudah rusak.



Bila tidak hidup juga trik selanjutnya dan ini merupakan trik yang paling mudah adalah dengan melepaskan semua kabel data yang terhubung ke motherboard diantaranya adalah kabel data Hardisk dan CD/DVD Rom dan Floppydisk beserta kabel powernya, setelah itu hidupkan. 



Langkah selanjutnya bila langkah diatas tidak berhasil adalah dengan jalan melepaskan prosesor. Pada umumnya komponen yang satu ini jarang dilepas kecuali jika melakukan upgrade, hal ini yang sering menyebabkan debu banyak menempel dikaki dan socket prosesor, bersihkan saja dengan Vacum cleaner berserta sirip pendingin dengan kipas prosesor lalu pasangkan kembali prosesor ditambah dengan cairan yang biasa disebut dengan thermal paste untuk prosesor yang berbentuk seperti gel dan hidupkan komputer anda.


Semoga bisa bermanfaat dan membantu dalam mendeteksi atau mengecek komputer anda yang bermasalah atau bahkan mati total, tidak ada salahnya untuk coba mendeteksi letak masalah pada komputer anda bukan? silahkan dicoba....

12 comments:

Kode Blogger on June 6, 2011 at 6:36 PM said...

Info yang bermanfaat sob, tp kebetulan saya belum pernah mengalami hal kek gitu. :i:

cyber on June 7, 2011 at 12:10 AM said...

boleh jg infonya bro..
:k:

VolcomNews on June 10, 2011 at 5:13 PM said...

Wah, ternyata caranya seperti itu yah gan. :i: Baru tahu nih, maklum gaptek komputer. hehehe

Author on June 11, 2011 at 12:08 PM said...

alhamdulillah,, komputer aku gak sampe mati totall,,

yudha on August 2, 2011 at 8:01 AM said...

mati total mungkin karena RAMnya rusak??

x-man 2 on August 8, 2011 at 2:27 PM said...

klo matinya setengah2 gmana gan?? :j:

IDHANGDOANG on August 25, 2011 at 5:04 AM said...

patut disave ni artikel, jaga2 kalo ternyata kejadian. thanks gan!

komen balik ya sob
www.glukol666.blogspot.com

Anonymous said...

:g:

Nurmayanti Zain on October 22, 2011 at 5:47 PM said...

gimana nih :j: komputerku sering blue screen lalu mati sendiri..

Anonymous said...

Udah pernah di coba tp nggk berhasil..ada solusi lain nggk...

Anonymous said...

makasih bang ilmunya

http://cara-apapun.blogspot.com

ula ichu phia on April 11, 2013 at 9:33 AM said...

.PC ku nggak bisa nyala. kabel power udah di ganti. .power supply udah baru. .

,.aku cuma ngecek aja. .jadi golongan kabel power, reset, HDD led, power led -+ nggak aq pasang. .


Post a Comment

 

Followers

TOP COMMENTATOR


English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Japanese

Blog Stat

Rank Barudak Blogor